Era digital yang semakin berkembang, pembelajaran online menjadi alternatif utama dalam pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran online terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui studi literatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan sumber-sumber literatur yang relevan, seperti buku, artikel, dan jurnal. Dan laporan penelitian sebelumnya, untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa dalam konteks pembelajaran online. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran online menawarkan fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih baik, tantangan seperti kurangnya interaksi sosial, keterbatasan dukungan dari pengajar, dan kesulitan dalam menjaga disiplin diri dapat mengurangi motivasi mahasiswa. Selain itu, faktor-faktor seperti desain kurikulum yang menarik, penggunaan teknologi yang efektif, dan dukungan komunitas juga berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini merekomendasikan perlunya strategi pengembangan pembelajaran online yang lebih interaktif dan mendukung untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam proses belajar.
Copyrights © 2025