IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2025): 2025

Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat

Sahrul (Unknown)
Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Pendidikan dalam keluarga merupakan aspek penting dalam pembentukan perilaku seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Metode penelitian ini adalah kajian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif dan eksploratif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pendidikan agama Islam berfungsi dalam keluarga dan masyarakat untuk membentuk manusia yang percaya dan ketaqwaan kepada Allah SWT agar terciptanya kehidupan yang baik dalam keluarga dan masyarakat. Pendidikan agama Islam merupakan fondasi yang utama sebagai sistem pendidikan moral dan ahklak, dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya. Pendidikan agama dalam lingkungan masyarakat sangat berperan penting bagi kehidupan bermasyarakat dan untuk meningkatkan moral bangsa dan negara. Pendidikan agama Islam yang ditanamkan sejak dini di lingkungan keluarga, didukung oleh pendidikan di masyarakat, merupakan kunci untuk menciptakan generasi yang berakhlak mulia, religius, dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara. Kesimpulan bahwa peran pendidikan agama islam merupakan pertama, fondasi dalam keluarga untuk membentuk perilaku dan moral anak-anak dan mengetahui batasan baik dan buruk kedua, berfungsi untuk membentuk manusia yang percaya dan ketaqwaan kepada Allah SWT ketiga, fondasi utama dan berperan dalam pendidikan moral bagi pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...