Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh qanaah, dimensi spiritualitas yang jarang diteliti namun sangat bermanfaat, terhadap penyesuaian akademik mahasiswa magister lintas disiplin ilmu (mahasiswa yang mengambil bidang studi yang berbeda dengan latar belakang pendidikan mereka). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel nonprobabilitas. Partisipan penelitian ini terdiri dari 201 mahasiswa magister lintas disiplin ilmu di UIN Syarif Hidayatullah di Jakarta, Indonesia. Variabel penelitian diukur dengan mengadaptasi Academic Adjustment Scale (AAS) dengan Cronbach's alpha sebesar 0.752, dan Skala Qanaah dengan Cronbach's alpha sebesar 0.872. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara qanaah dengan penyesuaian akademik dengan koefisien (r) sebesar 0,478. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa qanaah berpengaruh terhadap penyesuaian akademik dengan R Square sebesar 22,8%. Implikasi dari penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan qanaah dalam diri setiap mahasiswa untuk mencapai penyesuaian akademik yang baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024