Mozaic : Islam Nusantara
Vol. 10 No. 2 (2024): Mozaic: Islam Nusantara

Qanaah dan Penyesuaian Akademik pada Mahasiswa Lintas Jurusan: Peran Baru Dimensi Spiritualitas

Melinda, Arnes (Unknown)
Neneng Tati Sumiati (Unknown)
Abu Saad Ansari (Unknown)
Suryandaru (Unknown)
Afina Faza Haffiyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh qanaah, dimensi spiritualitas yang jarang diteliti namun sangat bermanfaat, terhadap penyesuaian akademik mahasiswa magister lintas disiplin ilmu (mahasiswa yang mengambil bidang studi yang berbeda dengan latar belakang pendidikan mereka). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel nonprobabilitas. Partisipan penelitian ini terdiri dari 201 mahasiswa magister lintas disiplin ilmu di UIN Syarif Hidayatullah di Jakarta, Indonesia. Variabel penelitian diukur dengan mengadaptasi Academic Adjustment Scale (AAS) dengan Cronbach's alpha sebesar 0.752, dan Skala Qanaah dengan Cronbach's alpha sebesar 0.872. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara qanaah dengan penyesuaian akademik dengan koefisien (r) sebesar 0,478. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa qanaah berpengaruh terhadap penyesuaian akademik dengan R Square sebesar 22,8%. Implikasi dari penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan qanaah dalam diri setiap mahasiswa untuk mencapai penyesuaian akademik yang baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mozaic

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Mozaic: Islam Nusantara publishes articles on the study of Islamic Nusantara in Indonesia from various perspectives, covering both literary and fieldwork studies multidisciplinary of Islamic Studies with various perspectives of Islamic Sharia, Islamic Education, Madrasah Studies, Islamic Banking, ...