Akses guru terhadap beragam pilihan lagu untuk pendidikan anak usia dini saat ini masing kurang dan kurangnya aktivitas pembelajaran motorik kasar. Studi ini bertujuan menciptakan aktivitas gerak dan lagu yang dapat dijadikan alternatif untuk membantu motorik kasar anak dan mengetahui apakah aktivitas yang dibuat peneliti bermanfaat dalam membantu motorik kasar anak usia lima atau enam tahun.  Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggabungkan metode pembelajaran yang telah teruji oleh para ahli dengan mengunakan musik melalui gerak dan lagu. Anak-anak TK Pertiwi Dharma Wanita Wonogiri usia lima dan enam tahun mengikuti pengujian tahap berikut. Selanjutnya dengan menggunakan anak-anak di TK Pertiwi Dharma Wanita Wonogiri yang berusia antara lima hingga enam tahun, peneliti melakukan uji coba pemakaian produk. Peneliti menggunakan observasi terstruktur didalam mengumpulkan data. Rumus Wilcoxon dipakai sebagai prosedur analisis data. Hasil penelitian membuktikan bahwa thitung > ttabel artinya ada peningkatan kemampuan motorik kasar yang cukup besar pada anak usia dini. Kesimpulan penelitian adalah gerak dan lagu yang dikembangkan dapat membantu anak usia lima hingga enam tahun dalam kemampuan motorik kasarnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025