JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol. 13 No. 1 (2025): June 2025

Pengaruh Dukungan Lingkungan Microsystem terhadap Peningkatan Rasa Tanggung Jawab dalam Kemampuan Chores Anak Tunanetra

Hakim, Anisah Oktafiani (Unknown)
Homdijah, Oom Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Anak tunanetra menghadapi tantangan unik dalam mengembangkan kemandirian dan keterampilan hidup sehari-hari akibat keterbatasan visual yang memengaruhi persepsi, mobilitas, dan interaksi sosial. Salah satu pendekatan untuk mendukung pengembangan tersebut adalah dengan melibatkan mereka dalam chores. Menggunakan teori ekologi Bronfenbrenner, teori zona perkembangan proksimal Vygotsky, dan teori pembelajaran sosial Bandura, penelitian ini mengkaji bagaimana interaksi antara anak tunanetra dengan keluarga, guru, dan lingkungan sosial terdekat dapat mendorong penguasaan keterampilan secara mandiri. Studi ini juga mengidentifikasi bahwa kurangnya pemahaman dari lingkungan sekitar sering menjadi hambatan utama dalam pemberian dukungan yang efektif. Dengan memahami faktor-faktor dalam microsystem yang berkontribusi pada perkembangan anak tunanetra, penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis bagi keluarga, pendidik, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang inklusif dan adaptif. Hasil penelitian diharapkan dapat memperkuat kemandirian dan rasa percaya diri anak tunanetra, sehingga mereka mampu menjalani kehidupan secara bermartabat dan mandiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...