Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol 10, No 2 (2016): July 2016

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPANGUIDED-INQUIRYBERSTRATEGI BUZZ GROUP

Marissa, Arina ( SMA Teuku Umar Semarang, Jalan Karangrejo Tengah IX/99 Semarang 50234)
Lestari, Nindya Ayu ( Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035)
Widodo, Antonius Tri ( Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035)
Wijayati, Nanik ( Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2017

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Teuku Umar Semarang.Permasalahan yang ada adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode guided-inquiryberstrategi buzz group. Penelitian dilakukan dalam2 siklus.Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai klasikal aktivitas siswa padasiklus I mencapai 2,85 dengan persentase ketuntasan 68,18%. Nilai aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 3,15 dan persentase ketuntasan 81,82%. Hasil belajar kognitif siklus Imencapai rata-rata 71,09 dengan persentase ketuntasan 68,18%. Pada siklus II hasil belajar kognitif mengalami peningkatan menjadi rata-rata 73,36 dan persentase ketuntasan 77,27%.Hasil belajar afektif pada siklus I mencapai rata-rata 2,85 dengan persentase ketuntasan 63,63%. Pada siklus II mengalami peningkatan mencapai rata-rata 3,25 dan persentase ketuntasan 95,45%. Hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I mencapai rata-rata 2,9 dengan persentase ketuntasan 77,27%. Pada siklus II hasil belajar psikomotorik mencapai rata-rata 3,31 dan persentase ketuntasan 100%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode guided-inquiry berstrategi buzz group dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2016