QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 1 (2025): 2025

Penggunaan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Eksperimen Massa Benda di Sekolah Dasar

Windiana Khoiru Nisya (Unknown)
Nadia Visa Salma (Unknown)
Putri Cahyaning Negari (Unknown)
Muhammad Nofan Zulfahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Loose parts adalah bahan sederhana yang ada di kawasan sekitar, seperti batu, kayu, dan barang daur ulang yang digunakan untuk mendukung pemahaman konsep massa dan gaya melalui pengalaman langsung, metode ini dapatĀ  meningkatkan interpretasi siswa terhadap sains, menumbuhkan kreativitas, kecakapan dalam sosial emosional, dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menganalisis pengaplikasian media loose parts dalam pembelajaran eksperimen massa benda di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengaplikasian loose parts memberikan dampak baikĀ  terhadap perkembangan kognitif, motorik, dan kolaborasi siswa, sambil menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Namun, keberhasilannya memerlukan persiapan yang matang dan pelatihan guru agar implementasinya efektif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan loose parts sebagai metode pembelajaran yang inovatif dan holistik untuk memperkaya pengalaman belajar siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...