QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 1 (2025): 2025

Tafsir Alquran Sebagai Sumber Inspirasi Dalam Pengembangan Metode Pembelajaran Islam

Mohammad Syaifuddin (Unknown)
Adhelita Mai Zahra (Unknown)
Nur Rohmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Tafsir Al-Qur'an dijelaskan sebagai proses membuka dan menerangkan makna ayat-ayat yang sulit dipahami, sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhammad dan para sahabatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep tafsir Al-Qur'an dan implementasi metode pembelajaran Islam yang terinspirasi dari Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam konteks pembelajaran, metode yang digunakan pendidik juga terinspirasi dari Al-Qur'an, seperti metode ceramah, kisah, dan rihlah/karyawisata, yang terbukti efektif dalam menyampaikan ilmu dan membangun karakter peserta didik. Metode pembelajaran Islam yang variatif menjadi kunci dalam menciptakan suasana belajar yang menarik, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Pemilihan metode yang tepat, seperti ceramah yang dikombinasikan dengan kisah atau diskusi, bertujuan untuk mempermudah pemahaman materi, meningkatkan keterlibatan peserta didik, dan menciptakan pembelajaran yang bermakna. Selain itu, implementasi langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur, seperti membuka dengan doa dan salam, melakukan apersepsi, hingga memberikan ruang untuk bertanya, membantu memastikan proses belajar mengajar berjalan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...