QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 1 (2025): 2025

Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Addini Kecamatan Medan Tembung

Muzdalifah Rohami Harahap (Unknown)
Arlina (Unknown)
Dela Fahiran Pandiangan (Unknown)
Dio Anugrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Problem based learning merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada proses pemecahan masalah sebagai sarana utama dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MIS) Addini Kecamatan Medan Tembung. Penelitian ini menggunakan desain studi kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait penerapan PBL di kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah atas yang dipilih secara purposif, serta guru sebagai fasilitator PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Para siswa menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap konsep-konsep kompleks, serta menjadi lebih mandiri dalam proses belajar. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator sangat penting untuk mengarahkan diskusi, menjaga dinamika kelompok, dan memfasilitasi pencarian informasi. Kendala yang dihadapi dalam implementasi problem based learning meliputi alokasi waktu yang lebih panjang dan kebutuhan akan keterampilan fasilitasi yang lebih baik bagi guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...