QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 1 (2025): 2025

Muhammadiyah Dan Pelayanan Sosial di Bidang Kesehatan Dan Sosial Kemasyarakatan

Asriko Muhsi (Unknown)
Hesti Asmika (Unknown)
Nurzannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Muhammadiyah melaksanakan dakwah melalui berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan muhammadiyah dan pelayanan sosial di bidang kesehatan dan sosial kemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diutarakan bahwa muhammadiyah telah memainkan peran strategis dalam pelayanan sosial dan kesehatan di Indonesia selama lebih dari satu abad. Dengan landasan nilai-nilai Islam, khususnya teologi al-Ma’un, Muhammadiyah mengintegrasikan dakwah dengan aksi nyata dalam berbagai bentuk amal usaha, termasuk pendirian rumah sakit, klinik, panti asuhan, serta program pemberdayaan masyarakat. Pendekatan holistik dan inklusif yang diterapkan Muhammadiyah dalam pelayanan kesehatan dan sosial tidak hanya membantu masyarakat marginal tetapi juga mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Kontribusinya terlihat dari upaya pengentasan kemiskinan, pemerataan akses kesehatan, dan pendidikan, terutama di wilayah terpencil.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...