QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 1 (2025): 2025

Desain Pembelajaran Integral Fungsi Trigonometri Berbasis Local Instruction Theory (LIT)

Asriko Muhsi (Unknown)
Hesti Asmika (Unknown)
Ellis Mardiana Panggabean (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengembangan Local Instruction Theory (LIT) berbasis Hypothetical Learning Trajectory (HLT). Kompetensi pedagogi guru menjadi fokus utama karena berperan dalam merancang lintasan belajar yang efektif. Lintasan belajar disusun dengan mempertimbangkan tingkat berpikir siswa secara alami untuk mendukung pembelajaran yang aktif dan bermakna. Penelitian ini menggunakan metode Design Research yang terdiri dari tiga tahapan utama: desain pendahuluan, eksperimen pembelajaran, dan analisis retrospektif. Pada tahap pendahuluan, HLT dirancang berdasarkan tujuan pembelajaran, aktivitas, serta media yang relevan. Eksperimen pembelajaran digunakan untuk mengimplementasikan HLT, sedangkan analisis retrospektif bertujuan mengevaluasi efektivitas lintasan belajar yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan HLT yang baik mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep integral fungsi trigonometri, termasuk teknik substitusi dan parsial. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya memahami konsep dasar, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam konteks soal-soal UTBK/SBMPTN. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap strategi pembelajaran berbasis kompetensi dan pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...