QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 1 (2025): 2025

Desain Pembelajaran Berbasis Strategi Metakognitif Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Lingkaran

Akhir Andika Aritonang (Unknown)
Nuri Irmayani (Unknown)
Ellis Mardiana Panggabean (Unknown)
Tua Halomoan Harahap (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada konsep lingkaran, yang sering kali dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar yang efektif dengan desain pembelajaran berbasis strategi metakognitif yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis, menggunakan model discovery learning pada materi lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian desain, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sekolah SMP IT Madani Aceh Tenggara.Dalam penelitian ini, lintasan belajar dirancang dengan melibatkan langkah-langkah strategis yang mendorong siswa untuk aktif dalam proses eksplorasi dan penemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara untuk mengevaluasi efektivitas penerapan lintasan belajar tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi metakognitif dalam model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan. Temuan ini menyiratkan pentingnya integrasi strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa memahami konsep secara lebih mendalam dan menerapkannya dalam situasi nyata.Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif, serta rekomendasi bagi pendidik untuk menerapkan strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...