QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 3 No 1 (2025): 2025

Pendekatan Metode Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Al Qur’an dan Hadits

Kemal Husen (Unknown)
Hidayatullah (Unknown)
Muhammad Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Masing-masing metode memiliki karakteristik dan tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tujuh metode pembelajaran utama, yaitu Metode Hikmah, Keteladanan, Bercerita, Mau’izhah Hasanah, Habituasi, Targib wa Tarhib, dan Diskusi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Setiap metode memiliki pendekatan unik—Hikmah menekankan kebijaksanaan, Keteladanan mengutamakan contoh nyata, Bercerita menyampaikan nilai moral melalui kisah, Mau’izhah Hasanah berfokus pada nasehat yang lembut, Habituasi membentuk karakter melalui pembiasaan, Targib wa Tarhib memberikan motivasi melalui dorongan dan peringatan, sementara Diskusi mendorong pemahaman melalui interaksi aktif. Kombinasi metode-metode ini membentuk pendekatan pendidikan Islam yang menyeluruh, bertujuan menanamkan nilai moral dan pemahaman agama yang mendalam. Kesimpulan, metode-metode ini saling melengkapi dalam memberikan pendekatan holistik terhadap pendidikan Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...