JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 1 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Pengembangan Konten Pembelajaran Digital Strategi Konten Pembelajaran Digital di Era Masyarakat 5.0

Hendrawati, Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

This article discusses the importance of developing digital learning content in the context of Society 5.0, where technology and human collaboration are key to creating an inclusive and sustainable society. The student highlights the challenges educational institutions face in adapting traditional learning methods to digital formats and the need to design content that engages students and responds to their needs. Based on the Islamic perspective, education is considered a task that must be carried out with spiritual awareness, so the development of digital content must include moral and ethical values. This article suggests strategies such as student needs analysis, use of interactive technologies such as augmented reality and gamification, and project-based approaches to increase student engagement. This article also highlights the importance of educator training and collaboration between stakeholders to overcome resistance to change and improve technology infrastructure. By implementing these strategies, educational institutions have the potential to create more effective and engaging learning experiences in the digital era.ABSTRAKArtikel ini membahas pentingnya mengembangkan konten pembelajaran digital dalam konteks Masyarakat 5.0, di mana kolaborasi teknologi dan manusia merupakan kunci untuk menciptakan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan. Para siswa menyoroti tantangan yang dihadapi lembaga pendidikan dalam mengadaptasi metode pembelajaran tradisional ke format digital dan kebutuhan untuk merancang konten yang melibatkan siswa dan menanggapi kebutuhan mereka. Berdasarkan perspektif Islam, pendidikan dianggap sebagai tugas yang harus dilakukan dengan kesadaran spiritual, sehingga pengembangan konten digital harus menyertakan nilai-nilai moral dan etika. Artikel ini menyarankan strategi seperti analisis kebutuhan siswa, penggunaan teknologi interaktif seperti augmented reality dan gamifikasi, dan pendekatan berbasis proyek untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Artikel ini juga menyoroti pentingnya pelatihan pendidik dan kolaborasi antara pemangku kepentingan untuk mengatasi resistensi terhadap perubahan dan meningkatkan infrastruktur teknologi. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, institusi pendidikan memiliki potensi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menarik di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...