JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 1 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Peran Tafsir Tarbawi Dalam Pembinaan Karakter Pendidikan Islam

Mirza, Iskandar (Unknown)
Ihsan, Muhammad Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

The Qur'an presents fundamental character principles essential for Islamic education, as exemplified in Surah Al-Ahzab (33:21), which highlights Prophet Muhammad (PBUH) as a role model. This study aims to explore the character-building aspects of this verse and examine its relevance to modern Islamic educational institutions. A qualitative library research method was employed, focusing on the interpretation of Tafsir al-Mishbah. The data were analyzed descriptively to interpret the verse’s meaning and its educational implications. Findings reveal that the verse emphasizes exemplary conduct (uswah hasanah), patience, sincerity, and obedience as core elements of character education. These principles can be integrated into Islamic curricula through role-model-based teaching and moral development programs. In conclusion, the teachings of Surah Al-Ahzab (33:21) provide essential guidance for shaping students' moral character in line with Islamic values.ABSTRAKAl-Qur'an mengandung banyak nilai karakter yang relevan dengan pendidikan Islam, salah satunya dalam Surah Al-Ahzab ayat 21 yang menekankan keteladanan Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam ayat tersebut serta menganalisis kontribusinya terhadap lembaga pendidikan Islam saat ini. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan tafsir, khususnya merujuk pada Tafsir al-Mishbah. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif untuk menggali makna ayat dan implikasinya dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayat ini menekankan keteladanan (uswah hasanah), kesabaran, keikhlasan, dan ketaatan sebagai prinsip utama pendidikan karakter. Nilai-nilai ini dapat diterapkan dalam kurikulum pendidikan Islam melalui model pembelajaran berbasis keteladanan dan internalisasi nilai moral. Kesimpulannya, nilai-nilai dalam Surah Al-Ahzab ayat 21 dapat menjadi pedoman dalam membangun karakter peserta didik yang berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...