JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 1 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

PENGEMBANGAN MODUL ENGLISH FOR ENVIRONMENTAL ENGINEERING UNTUK MAHASISWA TEKNIK LINGKUNGAN

Saifuddin, Fahimah (Unknown)
Jannah, Wardatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

English language skills, especially in the context of environmental engineering, are becoming increasingly crucial for environmental engineering students. However, the limited number of English learning modules that are specific and relevant to this field of study is an obstacle for students in improving their language competence. This research aims to develop an English module based on English for Environmental Engineering as a learning resource for Environmental Engineering students at Nahdlatul Ulama University of Nusa Tenggara Barat. This research and development study uses the Analysis, Design, Development, and Dissemination (ADDIE) method. The study was conducted on Environmental Engineering students at UNU NTB. The results of the student needs analysis showed that students require an English module that is thematic and relevant to their major. Subsequently, the validation phase by the expert team yielded a score of 82.3%, categorized as "Very Good." After testing on students, a score of 80.4% was obtained, also categorized as "Very Good," so the module can be disseminated to Environmental Engineering students at UNU NTB.ABSTRAKKeterampilan berbahasa Inggris, khususnya dalam konteks teknik lingkungan, menjadi semakin krusial bagi mahasiswa teknik lingkungan. Namun, masih terbatasnya modul pembelajaran bahasa Inggris yang spesifik dan relevan dengan bidang studi ini menjadi kendala bagi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi berbahasa mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Bahasa Inggris berbasis English for Environmental Engineering sebagai sumber belajar untuk mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan menggunakan metode analysis, design, development, dan dissemination. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa Teknik Lingkungan UNU NTB. Dari hasil  analisis kebutuhan mahasiswa, didapatkan bahwa mahasiswa membutuhkan modul Bahasa Inggris yang tematik sesuai dengan jurusan mereka. Kemudian, pada tahap validasi oleh tim ahli didapatkan 82.3% dengan kategori “Sangat Baik” kemudian setelah diuji coba terhadap mahasiswa didapatkan 80.4% dengan kategori “Sangat Baik” sehingga modul dapat disebarluaskan kepada mahasiswa Teknik Lingkungan UNU NTB.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...