Rendahnya hasil belajar siswa sering menjadi permasalahan utama dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode konvensional seperti ceramah dan pencatatan yang membosankan serta kurang memperhatikan kebutuhan belajar siswa. Guru cenderung menyamaratakan pendekatan pembelajaran tanpa memperhatikan perbedaan gaya belajar, minat,dan kemauan kemampuan siswa. Akibatnya, siswa menjadi pasif dan motivasi belajar menurun. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi yang dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan belajar siswa berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar mereka. Strategi ini melibatkan tiga komponen utama: konten, proses, dan produk, yang harus diintegrasikan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan berdiferensiasi di SD Negeri Asahan Cut, Aceh Selatan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi di kelas IV SD Negeri 1 Asahan Cut, Aceh Selatan. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan subjek siswa kelas IV yaitu 17 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata n-gain sebesar 1,24 dengaan kriteria “Tinggi†menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siwa. Kesimpulan dan Saran: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Asahan Cut Aceh Selatan. Oleh karena itu, disarankan kepada guru SDN 1 Asahan Cut Aceh Selatan untuk menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi.Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024