Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh peningkatan pembelajaran menggunakan model problem based learning terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi struktur teks fabel oleh siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PAB 2 Helvetia. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 120 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat perbedaan hasil dari penerapan model pembelajaran yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas VII-1 terpilih menjadi kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dan kelas VII-4 terpilih menjadi kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning. Berdasarkan dari analisis data dapat diketahui bahwa kemampuan siswa mengidentifikasi struktur fabel menggunakan model pembelajaran problem based learning memperoleh nilai rata-rata 81,86 yang termasuk pada kategori baik dan kemampuan siswa mengidentifikasi struktur fabel menggunakan model konvensional atau ceramah memperoleh nilai rata-rata 56 yang termasuk pada kategori cukup. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh uji “t” pada taraf isignifikani= 0,05 maka dieproleh inilaiii> iyaitu i> 1,671, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur fabel oleh isiswa ikelas iVII iSMP IPAB 2 Helvetia itahun ipembelajaran i2023/2024. iDengan idemikian ihipotesis ialternatif (Ha) idinyatakan iterbukti ikebenaranya idan iditerima.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh peningkatan pembelajaran menggunakan model problem based learning terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi struktur teks fabel oleh siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PAB 2 Helvetia. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 120 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat perbedaan hasil dari penerapan model pembelajaran yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas VII-1 terpilih menjadi kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dan kelas VII-4 terpilih menjadi kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning. Berdasarkan dari analisis data dapat diketahui bahwa kemampuan siswa mengidentifikasi struktur fabel menggunakan model pembelajaran problem based learning memperoleh nilai rata-rata 81,86 yang termasuk pada kategori baik dan kemampuan siswa mengidentifikasi struktur fabel menggunakan model konvensional atau ceramah memperoleh nilai rata-rata 56 yang termasuk pada kategori cukup. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh uji “t” pada taraf isignifikani= 0,05 maka dieproleh inilaiii> iyaitu i> 1,671, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur fabel oleh isiswa ikelas iVII iSMP IPAB 2 Helvetia itahun ipembelajaran i2023/2024. iDengan idemikian ihipotesis ialternatif (Ha) idinyatakan iterbukti ikebenaranya idan iditerima.
Copyrights © 2024