IPSSJ
Vol. 2 No. 01 Februari (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SDN 02 BANDAR

Dini Via Kamalia, Nuridin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN 02 Bandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental Design dengan prosedur penelitian One-Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui tes, dengan populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas V SDN 02 Bandar yang berjumlah 14 siswa pada tahun ajaran 2024/2025. Karena jumlah populasi relatif kecil (kurang dari 30 siswa), teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Analisis data meliputi uji normalitas dan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest siswa sebesar 48,43 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73,43, keduanya berdistribusi normal. Uji hipotesis menghasilkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Temuan ini membuktikan bahwa model pembelajaran children learning in science memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 02 Bandar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...