Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN 02 Bandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental Design dengan prosedur penelitian One-Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui tes, dengan populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas V SDN 02 Bandar yang berjumlah 14 siswa pada tahun ajaran 2024/2025. Karena jumlah populasi relatif kecil (kurang dari 30 siswa), teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Analisis data meliputi uji normalitas dan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest siswa sebesar 48,43 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73,43, keduanya berdistribusi normal. Uji hipotesis menghasilkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Temuan ini membuktikan bahwa model pembelajaran children learning in science memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 02 Bandar.
Copyrights © 2025