IPSSJ
Vol. 2 No. 01 Februari (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI AKSI BAHASA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI BULAKAN 03 SUKOHARJO

Kharisma Nasa Sagita, Nuridin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menguji apakah hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Bulakan 03 Sukoharjo dipengaruhi oleh penggunaan aplikasi AKSI Bahasa. Sampel yang digunakan ialah 20 siswa dari kelas IV SDN Bulakan 03 Sukoharjo. Metode yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design dengan alur penelitian One-Group Pretest-Post-test. Teknik pengumpulan data dengan pretest dan post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t statistik parametrik yaitu uji paired sample t test. Hasil dari analisis data penelitian yang telah dilakukan uji normalitas dan uji paired sample t test pada pretest dan post-test berdistribusi normal. Hasil uji paired sample t test menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan aplikasi AKSI Bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Bulakan 03 Sukoharjo.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...