IPSSJ
Vol. 2 No. 01 Februari (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

IMPLEMENTASI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DALAM KEGIATAN MUHADHARAH UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

Nida Salimah, Nuraini, Muh Tajab (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Percaya diri merupakan aspek untuk menunjang keberhasilan akademik peserta didik. Ketika peserta didik merasa kurang percaya diri, mereka meragukan kemampuan mereka sendiri. Maka inilah tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi public speaking di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini membahas (1) Implementasi pelatihan public speaking dalam kegiatan muhadharah di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. (2) Hasil dari implementasi pelatihan public speaking yaitu, peserta didik menjadi percaya diri dalam menyampaikan gagasannya, komunikasi peserta didik menjadi lebih mudah dipahami oleh audien, mental peserta didik lebih berani dan percaya diri ketika tampil. (3) Faktor pendukungnya; pemberian reward, fasilitasnya memadai, dukungan dan motivasi dari guru dan munculnya kesadaran untuk meningkatkan percaya diri dari peserta didik. Faktor penghambatnya; kurangnya motivasi dari orang tua, belum ada figur orator yang ideal di lingkungan madrasah dan kurangnya disiplin peserta didik dalam mengikuti pelatihan public speaking dalam kegiatan muhadharah di madrasah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...