Percaya diri merupakan aspek untuk menunjang keberhasilan akademik peserta didik. Ketika peserta didik merasa kurang percaya diri, mereka meragukan kemampuan mereka sendiri. Maka inilah tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi public speaking di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini membahas (1) Implementasi pelatihan public speaking dalam kegiatan muhadharah di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. (2) Hasil dari implementasi pelatihan public speaking yaitu, peserta didik menjadi percaya diri dalam menyampaikan gagasannya, komunikasi peserta didik menjadi lebih mudah dipahami oleh audien, mental peserta didik lebih berani dan percaya diri ketika tampil. (3) Faktor pendukungnya; pemberian reward, fasilitasnya memadai, dukungan dan motivasi dari guru dan munculnya kesadaran untuk meningkatkan percaya diri dari peserta didik. Faktor penghambatnya; kurangnya motivasi dari orang tua, belum ada figur orator yang ideal di lingkungan madrasah dan kurangnya disiplin peserta didik dalam mengikuti pelatihan public speaking dalam kegiatan muhadharah di madrasah.
Copyrights © 2025