Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika yang ditunjukkan dengan adanya miskonsepsi serta hasil nilai belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media Random Wheel. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang akan menguraikan informasi secara sistematis dan akurat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tempuran 01 Demak dengan subjek penelitian melibatkan semua siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media Random Wheel dengan persentase siswa berkemampuan kurang memuaskan sebesar 0%, siswa berkemampuan cukup memuaskan 32%, siswa berkemampuan memuaskan 47%, dan siswa berkemampuan sangat memuaskan 21%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media Random Wheel lebih baik dari sebelumnya.
Copyrights © 2025