IPSSJ
Vol. 2 No. 01 Februari (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, READ-WRITE, AND KINESTHETIC (VARK) BERBANTUAN APLIKASI EDUCAPLAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Tri Defita Hasan, Nuhyal Ulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan kurikulum mandiri dalam proses pembelajaran di Indonesia, dengan fokus pada inovasi yang dilakukan guru. Dalam lingkungan pendidikan saat ini, guru diharapkan mengembangkan model pengajaran yang menarik dan efektif yang tidak hanya menekankan aspek kognitif tetapi juga aspek emosional dan psikomotorik. Kurikulum yang unik mendorong partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, guru harus menggunakan berbagai model, pendekatan dan media yang kreatif untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini juga menekankan pentingnya pengembangan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dengan fokus pada pengembangan kognitif, emosional, dan psikomotorik. Dengan menggunakan pendekatan inovatif, siswa diharapkan menjadi pembelajar yang lebih aktif dan lebih mengembangkan keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan guna menyusun strategi pembelajaran yang lebih baik dan efektif di masa depan, serta sebagai acuan bagi guru untuk menerapkan kurikulum mandiri secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...