Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan kurikulum mandiri dalam proses pembelajaran di Indonesia, dengan fokus pada inovasi yang dilakukan guru. Dalam lingkungan pendidikan saat ini, guru diharapkan mengembangkan model pengajaran yang menarik dan efektif yang tidak hanya menekankan aspek kognitif tetapi juga aspek emosional dan psikomotorik. Kurikulum yang unik mendorong partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, guru harus menggunakan berbagai model, pendekatan dan media yang kreatif untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini juga menekankan pentingnya pengembangan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dengan fokus pada pengembangan kognitif, emosional, dan psikomotorik. Dengan menggunakan pendekatan inovatif, siswa diharapkan menjadi pembelajar yang lebih aktif dan lebih mengembangkan keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan guna menyusun strategi pembelajaran yang lebih baik dan efektif di masa depan, serta sebagai acuan bagi guru untuk menerapkan kurikulum mandiri secara optimal.
Copyrights © 2025