INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Vol. 19 No. 1 (2023): Februari

Industri kreatif unggul melalui strategi inovasi dan pentahelix collaboration: langkah pemulihan bisnis di covid19

Asti Nur Aryanti (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia.)
Palupi Permata Rahmi (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia.)
Suryana (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia.)
Heny Hendrayati (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia.)
Agus Rahayu (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membuat kerangka pemetaan strategi inovasi dan pemetaan peranan stakeholder dalam pentahelix collaboration. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui in depth interview kepada pelaku bisnis di industri kreatif unggulan dan melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam hal strategi pemasaran inovasi dalam pemahaman teknik promosi melalui media online masih lemah sehingga sangat bergantung kepada pemasaran secara offline di toko/gerai. Selain itu, pelaku usaha tidak melakukan riset awal sebelum melakukan inovasi produk sehingga produk yang dipasarkan belum tentu diterima konsumen. Strategi inovasi organisasi di industri ini juga belum optimal dimana para pelaku usaha tidak memperhatikan dengan baik tujuan bisnis yang dijalankanya sehingga pengelolaan organisasi seperti struktur organisasi dan pembagian tugas tidak sesuai. Dalam prosesnya, para aktor yang terlibat dalam kolaborasi pentahelix akademisi (A), bisnis (B),Community (C), Goverment (G) dan media (M)) memiliki kapasitas dalam penentuan strategi inovasi yang berkaitan dengan inovasi produk, proses, pemasaran, inovasi organisasi dan dapat mengembangkan strategi dengan menjalin kerjasama bersama aktor lainnya. Akademisi memiliki peran sebagai konseptor. Bisnis bertindak sebagai enabler. Community sebagai akselerator. Government beperan sebagai regulator. Media sebagai fasilitator yang menjembatani industry dengan khalayak masayarakat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

INOVASI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen is a scientific publication that focuses on the latest research and development in the fields of economics, finance, and management. This journal aims to present high-quality and relevant research results for academics, practitioners, and ...