Kemampuan memecahkan masalah, gaya kognitif dan Habbits of Mind/HoM merupakan unsur penting dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui empat hal yaitu apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kognitif dengan kemampuan memecahkan masalah, untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara HoM dan kemampuan memecahkan masalah, untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kognitif dan HoM serta untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kognitif, HoM dan kemampuan memecahkan masalah. Penelitian dilakukan di Provinsi Riau dengan melibatkan 585 sampel yang berasal dari 11 sekolah yang ada di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes (terkait gaya kognitif menggunakan soal GEFT dan soal Kemampuan Memecahkan Masalah/KMM) dan non tes (terkait HoM menggunakan angket). Analisis data menggunakan uji korelasi linier berganda yang dilanjutkan dengan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kognitif dan KMM, kontribusi sebesar 0,7 dan persamaan regresi . Terdapat hubungan yang signifikan antara HoM dan KMM, kontribusi sebesar 5%, dan persamaan regresi . Terdapat hubungan yang signifikan aantara gaya kognitif dan HoM, kontribusi sebesar 0,7%, dan persamaan regresi . Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kognitif, HoM, dan KMM, kontribusi 5,7%, dengan persamaan regresi .
Copyrights © 2024