Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 9 No 5 (2025): Mei 2025

Persepsi Peserta Didik pada Penggunaan PC Building Simulator Sebagai Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Materi Perakitan Komputer

Darmawan, Alfian (Unknown)
Wibisono Sukmo Wardhono (Unknown)
Admaja Dwi Herlambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini didasari pada keingintahuan peneliti terhadap bagaimana tentang persepsi peserta didik terhadap penggunaan PC Building Simulator. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik pada penggunaan PC Building Simulator sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran materi prakitan komputer Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode Kuantitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai persepsi peserta didik dalam penggunaan PC Building Simulator. Data dikumpulkan melalui hasil penyebaran kuisioner dan hasil dari data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa PC Building Simulator merupakan media pembelajaran yang efektif dan dapat dijadikan alternatif atau pelengkap dalam pembelajaran materi perakitan komputer di SMK PGRI 2 Malang. Penggunaan media ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami konsep perakitan komputer, tetapi juga meminimalkan resiko kerusakan komputer secara fisik serta meningkatkan efisiensi waktu belajar dan kinerja siswa dalam praktik langsung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...