Penelitian ini didasari pada keingintahuan peneliti terhadap bagaimana tentang persepsi peserta didik terhadap penggunaan PC Building Simulator. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik pada penggunaan PC Building Simulator sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran materi prakitan komputer Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode Kuantitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai persepsi peserta didik dalam penggunaan PC Building Simulator. Data dikumpulkan melalui hasil penyebaran kuisioner dan hasil dari data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa PC Building Simulator merupakan media pembelajaran yang efektif dan dapat dijadikan alternatif atau pelengkap dalam pembelajaran materi perakitan komputer di SMK PGRI 2 Malang. Penggunaan media ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami konsep perakitan komputer, tetapi juga meminimalkan resiko kerusakan komputer secara fisik serta meningkatkan efisiensi waktu belajar dan kinerja siswa dalam praktik langsung.
Copyrights © 2025