Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 9 No 5 (2025): Mei 2025

Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pemrograman Website Di SMKN 11 Malang

Fajri, Ramadhan Mulia (Unknown)
Hadi Wijoyo, Satrio (Unknown)
Hidayat, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa SMKN 11 Malang di kelas Pemrograman Website dipengaruhi oleh minat, motivasi, dan gaya belajar mereka. Permasalahn yang didapatkan menunjukkan bahwa minat, motivasi, dan gaya belajar siswa kurang diperhatikan oleh siswa. Akibatnya, siswa terus menunjukkan hasil belajar yang tidak maksimal. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metodologi survei dengan kuesioner yang diberikan kepada siswa. Populasi penelitian mencakup 86 responden dari siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Informasi mengenai faktor independen pembelajaran, motivasi belajar, dan gaya belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan data variabel dependen hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi hasil ujian tengah semester. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Dengan tingkat signifikansi 0,001, yang kurang dari 0,005, temuan menunjukkan bahwa minat belajar memiliki koefisien regresi sebesar 1,065. Oleh karena itu, Ho1 ditolak, yang menunjukkan bahwa ada dampak yang signifikan terhadap hasil pembelajaran. Pada tingkat signifikansi 0,221-lebih besar dari 0,005-koefisien motivasi belajar adalah -0,226. Karena tidak ada pengaruh yang terlihat pada hasil proses pembelajaran, Ho2 diterima. Tingkat signifikan sebesar 0,003, lebih rendah dari 0,005, dan koefisien sebesar 1,065 berhubungan dengan gaya belajar. Oleh karena itu, Ho3 ditolak dan disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil proses pembelajaran. Variabel independen menunjukkan tingkat signifikansi < 0,001 < 0,005, yang mengarah pada penolakan Ho4, yang mengindikasikan bahwa semua faktor independen secara simultal berpengaruh signifikan pada hasil pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...