JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 12 No 1 (2025)

TRANSFORMASI KONFLIK ANTAR SISWA MELALUI STRATEGI KONSELING TEMAN SEBAYA: MEWUJUDKAN SEKOLAH HARMONIS DAN EMPATIK

Yoseptry, Ricky (Unknown)
Suhenih, Henhen (Unknown)
Nurmaya, Rosi (Unknown)
Fauza, Alivia Nurul (Unknown)
Hidayanti, Popi (Unknown)
Nurasiah, Enur (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan konseling teman sebaya pada siswa SMA Negeri 13 Bandung sebagai upaya mengatasi konflik antar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pelatihan diberikan kepada 20 siswa perwakilan kelas 10 dan 11, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, simulasi, dan brainstorming. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai konsep dan teknik konseling teman sebaya, kemampuan mengidentifikasi dan menyelesaikan konflik, serta perubahan perilaku sosial, seperti komunikasi yang lebih baik, peningkatan empati, dan toleransi. Program ini juga mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang lebih harmonis dan kondusif, dengan siswa yang terlatih sebagai agen perubahan. Keberlanjutan program direncanakan melalui pembentukan tim konselor sebaya dan evaluasi berkala untuk memastikan efektivitasnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...