Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Vol. 7 No. 1 (2025): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis

PENGARUH WOM, VARIAN PRODUK, MEDIA SOSIAL, DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN HNI HPAI DI SOLO RAYA

Nurul Fadhilah (Unknown)
Wiyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2025

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran sosial dan politik meningkat di kalangan konsumen Indonesia, yang terlihat dari fenomena boikot produk Israel. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen tidak hanya mempertimbangkan harga dan kualitas produk, tetapi juga nilai moral dan etika dalam keputusan pembelian mereka. HNI HPAI, sebagai perusahaan yang berfokus pada produk halal, memiliki potensi pasar yang besar di wilayah Solo Raya, yang terdiri dari tujuh kabupaten/kota. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh Word of Mouth (WOM), variasi produk, media sosial, dan harga terhadap loyalitas konsumen HNI HPAI di Solo Raya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen HNI HPAI di Solo Raya. Metode pengambilan sampel penelitian ini ialah purposive sampling. Jumlah sampel penelitian ini ialah150 orang responden. Penelitian ini menggunakan data primer dalam penyusunannya. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Analisis data penelitia  ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) untuk mengkaji datanya dan mengandalkan perangkat lunak SmartLPS 3.0 untuk menganalisis datanya. Hasil penelitian ini ialah bahwa Word of Mouth (WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Varian Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Media Sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

hjimb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Hirarki merupakan istilah yang terdapat pada manajemen yang di artikan sebagai alat yang paling mudah untuk memahami masalah yang kompleks dimana masalah tersebut diuraikan ke dalam elemen-elemen yang bersangkutan, menyusun elemen-elemen tersebut secara hirarkis dan akhirnya melakukan penilaian atas ...