EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 4 No. 4 (2024)

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SD

SUBAWEH, IMAM (Unknown)
SUTRIYANI, WULAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Current education demands an increase in students' critical thinking skills in mastering cognitive materials. At SDN 2 Sukosono Jepara, conventional learning methods have not been able to develop students' critical thinking skills optimally. This study aims to analyze the effectiveness of the application of the discovery learning model on the critical mathematical thinking skills of fifth grade students in the material of multiplication and division of fractions. This study uses a quantitative method with a one group pretest-posttest design, involving all fifth grade students of SDN 2 Sukosono Jepara as many as 28 students. The instrument used in this study was a mathematical critical thinking ability test given before and after the application of the learning model. The results of the data analysis showed a significance value (2-tailed) of 0.000 which is lower than 0.005, as well as an increase in the average score of students from 58 in the pretest to 87 in the posttest. Based on the t-test, the t-count value was 24.341, which was greater than the t-table of 1.70113. This shows that there is a significant difference between students' mathematical critical thinking skills before and after the application of the discovery learning model. Thus, it can be concluded that the application of the discovery learning model is effective in improving the mathematical critical thinking skills of fifth grade students of SDN 2 Sukosono Jepara. ABSTRAKPendidikan saat ini menuntut peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menguasai materi kognitif. Di SDN 2 Sukosono Jepara, metode pembelajaran konvensional belum mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V pada materi perkalian dan pembagian pecahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest, yang melibatkan seluruh siswa kelas V SDN 2 Sukosono Jepara sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih rendah dari 0,005, serta peningkatan skor rata-rata siswa dari 58 pada pretest menjadi 87 pada posttest. Berdasarkan uji-t, diperoleh nilai t-hitung sebesar 24.341, yang lebih besar dari t-tabel 1.70113. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran discovery learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SDN 2 Sukosono Jepara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...