Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan. Jenis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Sumber data adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Pelaksanaan dikatakan berhasil bila >75% dari jumlah siswa memperoleh skor kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Akhir tindakan >75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 68% dan terjadi peningkatan pada siklus II 89%. Aktivitas guru pada siklus I tindakan I dengan persentase 71,25% dan hasil observasi pada tindakan II dengan persentase 78,75%. Sedangkan aktivitas guru siklus I tindakan I dengan persentase 87,5%, dan hasil obsevasi pada siklus II tindakan II dengan persentase 96,25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025