Bullying merupakan fenomena yang berdampak negatif pada perkembangan fisik, mental, dan sosial anak, terutama di lingkungan sekolah. Bullying berdampak negatif pada perkembangan fisik, mental, dan sosial anak, terutama di sekolah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar di Desa Kampak, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, tentang bullying , jenis-jenisnya, dampaknya, dan cara pencegahannya melalui pendekatan pendidikan preventif. Metode yang digunakan adalah sosialisasi yang melibatkan penyampaian materi edukatif, diikuti diskusi dan kuis evaluasi. Respon siswa dalam kuis mencerminkan pemahaman awal mereka terhadap materi yang disampaikan, yang menunjukkan antusiasme tinggi dan partisipasi aktif dalam memahami topik ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pendidikan preventif efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang bullying . Diperkirakan, penelitian ini dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan lingkungan dasar sekolah yang lebih aman dan bebas dari perundungan , terutama di daerah pedesaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025