Islam merupakan agama yang sempurna dan selalu relevan sampai akhir zaman. Dalam proses pendidikan, agama Islam telah memberikan tuntunan bagaimana melaksanakan proses pendidikan yang hendaknya dilaksanakan oleh umat Islam. Salah satu komponen pendidikan yang penting untuk diperhatikan adalah sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sarana dan prasarana pada sekolah dasar Islam berdasarkan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW dengan metode kajian Pustaka. Penelitian ini menyoroti pentingnya pengelolaan fasilitas pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islami dalam mendukung pembentukan karakter peserta didik. Sarana, seperti ruang kelas yang nyaman, mushola, dan buku-buku Islami, berfungsi mendukung pembelajaran berbasis akhlak mulia. Kebutuhan dasar pada peserta didik pada sekolah dasar Islam salah satunya adalah tumbuh kembang pada sisi fisik atau jasmani. Sementara itu, prasarana seperti taman sekolah, halaman, serta fasilitas olahraga seperti kolam renang, arena memanah, dan berkuda, tidak hanya mendorong perkembangan fisik anak, tetapi juga menjadi media praktik nilai-nilai Islami, seperti menjaga kebersihan dan kebersamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sarana dan prasarana sesuai sunnah dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk menanamkan nilai-nilai Islam sejak usia dini, menjadikan sekolah dasar Islam sebagai tempat efektif dalam membangun generasi yang berkarakter Islami.
Copyrights © 2024