Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2025): VOL 5 NO 1

Identifikasi Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Berdasarkan Teori Kastolan

Hilmi, Yugi (Unknown)
Mulyani, Fithri Sri (Unknown)
Junaedi, Yusup (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Pentingnya menganalisis kesalahan siswa dalam memecahkan persoalan matematika dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa, guru dan proses pembelajaran secara keseluruhan. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan siswa menurut teori kastolan dalam menyelesaian soal komunikasi matematis pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini merupakan deskriptid kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa kelas VIII di SMPN 1 Sukahening. Teknik pengumpulan data meliputi tes kemampuan komunikasi matematis, melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan yang dialami siswa yaitu 1) kesalahan konseptual sebesar 31,03%; 2) kesalahan prosedural sebesar 48,28%; 3) kesalahan teknik sebesar 20,69% dan mayoritas siswa mengalami kesalahan prosedural. Beberapa faktor yang menyebabkan kesalahan siswa meliputi siswa kurang memahami inti permasalahan, siswa kurang terampil dalam merinci persamaan matematis, siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan serta tidak melakukan langkah verifikasi jawaban akhir. Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Komunikasi Matematis, Teori Kastolan  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KJPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics ...