Pentingnya menganalisis kesalahan siswa dalam memecahkan persoalan matematika dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa, guru dan proses pembelajaran secara keseluruhan. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan siswa menurut teori kastolan dalam menyelesaian soal komunikasi matematis pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini merupakan deskriptid kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa kelas VIII di SMPN 1 Sukahening. Teknik pengumpulan data meliputi tes kemampuan komunikasi matematis, melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan yang dialami siswa yaitu 1) kesalahan konseptual sebesar 31,03%; 2) kesalahan prosedural sebesar 48,28%; 3) kesalahan teknik sebesar 20,69% dan mayoritas siswa mengalami kesalahan prosedural. Beberapa faktor yang menyebabkan kesalahan siswa meliputi siswa kurang memahami inti permasalahan, siswa kurang terampil dalam merinci persamaan matematis, siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan serta tidak melakukan langkah verifikasi jawaban akhir. Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Komunikasi Matematis, Teori Kastolan
Copyrights © 2025