EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol. 1 No. 13 (2025): Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya

Kontradiksi dalam penetrasi QRIS bagi UMKM

Hendaryati, Neni (Unknown)
Dewi Amaliah Nafiati (Unknown)
Nur Azizah Oktaviana (Unknown)
Indah Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Tidak semua UMKM memahami arti penting penggunaan QRIS sebagai media transaksi digital. Masih terdapat gerai/ Toko di wilayah Kota Tegal dan Kabupaten Tegal yang belum menggunakan QRIS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kontradiksi penetrasi QRIS pada UMKM serta strategi yang digunakan untuk mendorong adopsi QRIS terhadap UMKM. Metode penelitian dikembangkan menggunakan kerangka theory of planned behaviour dan technology acceptance model, serta disesuaikan dengan konteks UMKM Indonesia, melalui penelitian kualitatif yang telah dilakukan. Data empiris dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan kuesioner yang melibatkan UMKM di wilayah Kota dan Kabupaten Tegal, kemudian dianalisis dengan di reduksi, disajikan dan disimpulkan secara komprehensif. Hasil penelitian menyatakan bahwa kontradiksi penetrasi QRIS bagi UMKM di lihat dari faktor ekstern yaitu, persepsi, keamanan, manfaat dan hambatan/ kendala. Kontradiksi menitik beratkan pada faktor keamanan, manfaat dan hambatan/ kendala yang dihadapi. Strategi yang tepat diperlukan jika Bank Indonesia mentargetkan 27 juta transaksi non tunai di tahun 2024 seperti, peningkatan literasi keuangan, penawaran fasilitas, pengembangan infrastruktur teknologi, perkuat regulasi dan kebijakan, kemitraan, dan mendorong inklusi keuangan dan kewirausahaan digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...