Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 3 (2025): Januari

Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas V

Etta, Yefta (Unknown)
Aras, Latri (Unknown)
Monoarfa, Merisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SDN Tidung dengan jumlah siswa yaitu 14 siswa tahun ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan yaitu apakah model Problem Posing dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pecahan di kelas UPT SPF SDN Tidung. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pecahan dengan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan kelas dirancang dalam empat komponen yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan siklus II dimana siklus satu 4 pertemuan dan siklus dua 6 pertemaun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang terjadi pada aktivitas mengajar guru maupun pada aktivitas mengajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil evaluasi siswa dimana pada siklus I menunjukkan belum mencapai peningkatan pemahaman siswa yang maksimal, dimana tingkat ketuntasan siswa mencapai 28,57% dan ketidaktuntasan siswa 71,42%. Pada siklus II mengalami peningkatan karena berada dalam kategori baik atau sudah mencapai hasil yang diharapkan, dimana ketuntasan sudah mencapai 85,71% dan ketidaktuntasan hanya 14,29%. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pecahan kelas UPT SPF SDN Tidung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...