Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sinergi antara manajemen mutu dan supervisi pendidikan dalam mendukung optimalisasi mutu pembelajaran di SDN Bakalan 01 Kec. Polokarto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi pendidikan di SDN Bakalan 01 Kec. Polokarto lebih berfokus pada aspek administratif dan belum terintegrasi secara optimal dengan manajemen mutu sekolah. Hambatan utama dalam menciptakan sinergi ini meliputi keterbatasan waktu, sumber daya, dan koordinasi antara kepala sekolah, pengawas, dan guru. Meskipun demikian, terdapat peluang besar untuk meningkatkan sinergi melalui kolaborasi yang lebih erat, pelatihan berkelanjutan, dan pendampingan yang terarah dalam proses supervisi. Dengan strategi yang lebih terintegrasi, supervisi dapat berfungsi sebagai alat pembinaan yang mendukung implementasi manajemen mutu secara berkelanjutan
Copyrights © 2024