POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari 2025

PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Cholvistaria, Mia (Unknown)
Gunawan, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam dunia pendidikan semakin berkembang, termasuk di kalangan mahasiswa. Tujuan penelitian untuk mengkaji pengaruh AI terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Berpikir kritis merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa dalam menghadapi tantangan global. Dengan berkembangnya teknologi AI, mahasiswa kini dapat mengakses berbagai sumber informasi secara cepat dan mudah. Namun, dampak dari penggunaan AI terhadap kemampuan berpikir kritis belum sepenuhnya jelas. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai jurnal dan artikel terkait. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa AI dapat mempercepat proses pembelajaran dan memberikan analisis data yang mendalam, namun ada juga kekhawatiran bahwa ketergantungan pada teknologi ini dapat mengurangi kemampuan mahasiswa untuk berpikir secara mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun AI dapat memperkaya proses belajar dan memfasilitasi pengambilan keputusan berbasis data, mahasiswa perlu diberi perhatian khusus agar tidak bergantung sepenuhnya pada teknologi tersebut dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, integrasi AI dalam pendidikan perlu disertai dengan pengembangan metode pembelajaran yang dapat mendorong mahasiswa untuk tetap melatih kemampuan analitis dan reflektif mereka

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

poace

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and ...