Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti sebelum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audiovisual. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang. Sampel yang digunakan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini hanya satu kelas. Berdasarkan penganalisisan data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audiovisual siswa kelas XI SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 56,51. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audiovisual siswa kelas XI SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,12. Ketiga, hasil uji hipotesis yang dilakukan thitung > ttabel (9,22 > 1,67) pada taraf signifikansi a yaitu 0,05 dan taraf kepercayaan sebesar 95%. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Linggo Sari Baganti.
Copyrights © 2024