Minimnya hasil prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Napabalano pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang menjadi persoalan yang mengemuka. Rumusan masalah yang ada di penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas IV SD Negeri 6 Napabalano. Tujuan penelitian yaitu adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan alat peraga pada materi bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran menggunakan alat peraga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang siswa, terdiri dari sembilan siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui setiap tes yang diberikan, dimana pada siklus I rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa adalah 60,90 meningkat menjadi 85,45 pada siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan siswa yaitu 50% (11 orang dinyatakan tuntas atau memiliki nilai ≥ 65 dari 22 orang siswa) meningkat pada siklus II menjadi 90,91 % (20 orang dinyatakan tuntas atau memiliki nilai ≥ 65 dari 22 orang siswa) Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada siklus I dan II maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 6 Napabalano pada materi bangun ruang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024