Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen perubahan paling efektif untuk meningkatkan kinerja pendidik di SMP se-Kabupaten Sintang. Lembaga pendidikan SMP dihadapkan pada tuntutan lingkungan kerja yang dinamis, serta perubahan teknologi dan sosial. Dalam penelitian deskriptif kualitatif ini untuk mengumpulkan data dari kepala sekolah dan guru menggunakan Wawancara, dokumentasi, dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kinerja pendidik ditingkatkan dengan penerapan strategi manajemen perubahan yang menganut model John P. Kotter, yang melibatkan tiga tahap: menghentikan kebijakan yang sudah ketinggalan zaman, memulai perubahan, dan menerapkan kebijakan baru. Pengelolaan kelas, metode pembelajaran, penilaian siswa, serta visi dan misi pendidikan termasuk di antara perubahan tersebut. Keberhasilan penerapan kebijakan baru memerlukan partisipasi aktif seluruh anggota lembaga pendidikan, serta komunikasi yang efektif dan kepemimpinan yang kuat. Kesimpulan dari penyelidikan ini adalah bahwa strategi manajemen perubahan yang efektif tidak hanya meningkatkan kinerja pendidik tetapi juga membekali sekolah untuk menghadapi hambatan pendidikan di masa depan
Copyrights © 2025