Masa Keemasan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1

PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA PG-PAUD DALAM PEMBUATAN MPASI PADA MATA KULIAH ILMU GIZI

Lestari, Kasihani (Unknown)
Rahim, Zhilla (Unknown)
Mukhlisin, Mukhlisin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Pendekatan Project Based Learning (PjBL) telah banyak diakui sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan praktis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PjBL terhadap kreativitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) dalam pembuatan Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada mata kuliah Ilmu Gizi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam merancang dan membuat MPASI yang inovatif, bergizi, dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Dari pelaksanaan penelitian didapatkan data yang signifikan yang menyatakan bahwa Project Based Learning dapat mempengaruhi tingkat kreativitas mahasiswa dalam pembuatan menu MPASI di mata kuliah Ilmu Gizi pada jurusan PG PAUD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MKJPAUD

Publisher

Subject

Education Other

Description

Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is published by Early Childhood Education Departement in STKIP Melawi, West Kalimantan, Indonesia. This journal is published twice a year in January and July. This journal is consists of conceptual articles and research reports related to nursery ...