Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 6, No 1 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Praktikum Bahasa Inggris

Hy, Mc. Fulvia (Unknown)
Nugraha, Rio Eka (Unknown)
Rosadi, Hadori (Unknown)
Fadli, Muhammad (Unknown)
Muhammad, Ulul Azmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Model pembelajaran problem based learning merupakan suatu model pembelajaran yang titik awal pembelajarannya didasarkan atas masalah dalam kehidupan nyata, lalu dari masalah ini mahasiswa dirangsang untuk mempelajari masalah berdasarkan pengalaman yang telah mereka miliki sebelumnya sehingga akan terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar praktikum bahasa inggris mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Sarjana Terapan Program Studi Pengelolaan Perhotelan Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester I yang berjumlah 80 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang. Sebagai alat pengumpulan data digunakan tes hasil belajar praktikum bahasa inggris mahasiswa berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan perhitungan uji t. Dari hasil perhitungan ini diperoleh thitung ttabel. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil praktikum bahasa inggris mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan hasil praktikum bahasa inggris mahasiswa yang menggunakan model konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...