Dalam penelitian ini menganalisis perubahan suhu dalam sistem pendingin radiator pada mesin Toyota Corolla untuk memahami efisiensi termal dan stabilitas suhu pada kondisi operasi yang berbeda. Sistem pendingin radiator merupakan komponen esensial yang menjaga temperatur mesin tetap optimal, terutama dalam kondisi kerja yang bervariasi. Metode pengukuran dilakukan dengan memonitor suhu air pendingin pada berbagai titik dan menganalisis pengaruhnya terhadap performa keseluruhan mesin. Hasil analisis menunjukkan bahwa perubahan suhu dalam radiator dipengaruhi oleh beban mesin dan laju aliran udara pada kisi-kisi radiator. Pemahaman yang lebih baik mengenai perubahan suhu ini dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi pendinginan, mengurangi konsumsi bahan bakar, dan memperpanjang umur mesin. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan sistem pendingin radiator yang lebih efektif pada kendaraan bermotor.Tujuan penelitian ini untuk mengkaji perubahan suhu pada sistem pendingin mobil toyota corolla. Hasil pengujian menunjukkan bahwa laju perpindahan panas air dan udara sebesar 50,03 J/ det, dengan temperatur rata - rata logaritma 4,51 K. Nilai analisa perpindahan panas secara konduksi sebesar -0,6 watt dan perpindahan panas secara konveksi sebesar 3,15 Watt.
Copyrights © 2024