Jurnal Al Karim : Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Studi Islam
Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Al Karim Edisi Maret 2025

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalaui Model Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Warni, Yensi (Unknown)
Noprijon (Unknown)
Rahmat (Unknown)
Salman (Unknown)
Septiana, Yulda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Permasalahan tentang kurang menariknya model pembelajaran yang digunakan oleh guru pada saat belajar mengajar yang mengakibatkan siswa bosan dan kurang aktif dalam belajar, suasana kelas yang cenderung pasif yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Turnament Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di SDN 08 Gunung Tuleh Kab. Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan metodologi yang bersifat deskriptif. Jenis Penelitian yang digunakan oleh penulis ini merupakan field research. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi langsung ke lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Upaya guru PAI dalam Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Turnament untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di SDN 08 Gunung Tuleh adalah persiapan materi yang menarik, peningkatan partisipasi dan motivasi siswa, pembagian kelompok yang seimbang, membangun lingkungan belajar kolaboratif dan menyenangkan, dan evalusi pembelajaran. 2. Penerapan model pembelajaran teams games turnament dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SDN 08 Gunung Tuleh adalah peningkatan motivasi belajar siswa, peningkatan kerja sama dan interaksi sosial, penigkatan hasil belajar siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan siswa yang pasif menjadi aktif. 3.Kendala Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Turnament dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di SDN 08 Gunung Tuleh adalah perbedaan kemampuan akademik siswa, keterbatasan waktu, keterbatasan fasilitas dan media pembelajaran, butuh persiapan guru yang matang. Implikasi penelitian adalah Ini dapat di jadikan sebagai data awal untuk peneliti berikut nya dalam mengkaji permasalahan ini dalam konteks dan isu yang berbeda. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Turnament, Motivasi Belajar, PAI

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alkarim

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-KArim: adalah Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Psikologi dan Studi Keislaman dengan kajian multi-disipliner, terbit dua (2) kali dalam setahun (Maret dan September), yang dikelola oleh LP2M Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI-YAPTIP) Pasaman ...