Berdasar hasil penelitian masih ditemukan cukup banyak mahasiswa pendidikan jarak jauh yang kemandirian dalam belajarnya berada pada level sedang atau rendah. Hal ini akan menghambat penyelesaian studi mahasiswa. Kemandiran mahasiswa dalam belajar perlu ditingkatkan. Kemandirian dalam belajar mandiri dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan assessment as learning berbasis tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat assessment as learning berbasis tugas untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa dalam belajar. Sampel penelitian ini adalah 144 mahasiswa program S1 PGSD UT Yogyakarta yang terdiri dari 65 mahasiswa kelompok kontrol dan 79 mahasiswa kelompok perlakuan. Setelah belajar mandiri, mahasiswa kelompok perlakuan diberi tugas membuat rekaman hasil baca sedangkan kelompok kontrol tidak membuat rekaman hasil baca. Tugas yang dibuat mahasiswa kelompok perlakuan berupa ringkasan, outline, peta pikir, atau peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan assessment as learning dengan pemberian tugas dapat meningkatkan kemandirian mahasiswa dalam belajar. Hasil uji t-independent sample menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa kelompok perlakuan dan kelompok kontrol berbeda secara signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0.027. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh institusi penyelenggara pendidikan jarak jauh untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa dalam belajar.
Copyrights © 2024