Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 SUNGAI KAKAP

Hariyadi, Hariyadi (Unknown)
Agustina, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam menulis teks berita di kelas VIII SMP Negeri 11 Sungai Kakap. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen yang menggunakan Powtoon (74,59) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (67,56). Dengan demikian, penggunaan Powtoon terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...