Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kecerdasan emosional, disiplin kerja, dan motivasi memengaruhi kinerja guru di SMA Negeri 8 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, disiplin kerja, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan kontribusi total mencapai 80,8%. Berdasarkan analisis regresi linier, diperoleh persamaan Y = 35,880 + 0,241 X1 + 0,252 X2 + 0,243 X3, yang menunjukkan bahwa setiap variabel bebas memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru. Uji F menunjukkan bahwa model regresi memiliki tingkat signifikansi yang sangat tinggi, dengan nilai Fhitung sebesar 100,561, jauh lebih besar dari Ftabel 2,947, yang membuktikan bahwa ketiga faktor tersebut saling memengaruhi kinerja guru secara signifikan. Secara spesifik, kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 0,241, disiplin kerja sebesar 0,252, dan motivasi kerja sebesar 0,243 dalam meningkatkan kinerja guru. Temuan ini menekankan pentingnya kecerdasan emosional, disiplin, dan motivasi dalam meningkatkan efektivitas pengajaran, yang pada gilirannya akan mempengaruhi kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa. Saran yang diberikan adalah perlunya program pengembangan profesional bagi guru yang fokus pada peningkatan kecerdasan emosional, disiplin, dan motivasi kerja. Selain itu, penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung guru, melalui penghargaan dan insentif yang dapat mendorong mereka untuk berinovasi dalam pembelajaran.
Copyrights © 2025