Keberhasilan suatu proses pembelajaran dilihat dari penguasaan materi pelajaran yang disampaikan. Penggunaan media dan model pembelajaran merupakan salah satu cara guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran agar menarik peserta didik pada proses pembelajaran. Keberadaan model pembelajaran creative problem solving berbantuan media swishmax bertujuan untuk mengatasi masalah kurangnya motivasi dan antusiasme siswa dalam proses pemebelajaran. Penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan media Swishmax terhadap kemampuan pemecahan masalah untuk memotivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitattif dengan metode eksperimen. Dimana kelas eksperimen diberikan pre-test sebelum diterapkan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan penggunaan media swishmax untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Nilai koefisien korelasi lebih besar dari r tabel yaitu 1,000 > 0,432 dan signifikasi nilai lebih kecil dari nilai signifikansi yang telah ditetapkan yaitu 0,00 < 0,05. Jadi disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran creative problem solving berbantuan media swishmax pada mata pelajaran matematika di kelas V SD.
Copyrights © 2025