Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

TEACHING READING COMPREHENSION USING TEXT EXPERIENCE RELATIONSHIP METHOD TO IMPROVE INSTIKI STUDENTS’ ENGLISH PROFICIENCY

Monny, Maria Osmunda Eawea (Unknown)
Brahma, A. A. Gde Raka Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca mahasiswa INSTIKI dengan menggunakan metode Experience-Text-Relationship (ETR). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melibatkan 37 mahasiswa mata kuliah  English for Information Technology Kelas AA. Peneliti menggunakan observasi catatan lapangan dan tes membaca untuk mengumpulkan data penelitian. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dilakukan dalam siklus. Penelitian ini juga bertujuan meningkatkan literasi mahasiswa khususnya dalam bahasa Inggris. Data hasil observasi catatan lapangan dianalisis secara kualitatif dan data hasil tes membaca dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis ini diharapkan dapat digunakan untuk penyusunan materi perkuliahan yang dapat meningkatkan profisiensi dan performa bahasa Inggris mahasiswa INSTIKI. Hasil penelitian pada siklus I hasil tes dengan topik “Advatages and Disadvantages of Artificial Intelligence” menunjukkan bahwa terdapat kesalahan dalam pemilihan kata/diksi (25 kesalahan) dan tenses khususnya past tense (10 kesalahan) dan present tense (14 kesalahan). Hasil siklus I menunjukkan bahwa ada 15 mahasiswa yang belum mencapai nilai 55 sebagai Kriteria Ketuntasan Minimum.  Sedangkan hasil siklus II dengan topik “Pros and Cons Using E-Commerce” terdapat perbaikan pemahaman mahasiswa terkait topik tersebut. Hasil tes menunjukkan bahwa terdapat kesalahan pemilihan kata/diksi (5 kesalahan), dan tenses khususnya past tense (8 kesalahan) dan present tense (9 kesalahan). Hasil siklus menunjukkan bahwa ada  telah mencapai lebih dari 55. Hasil penerapan ETR menunjukkan bahwa dalam 2 siklus yang diterapkan, metode ini mampu meningkatkan pemahaman membaca mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...